Kita sering mendengar istilah zakat, infaq dan sedekah. Bahkan sering kali ketiganya dijadikan satu paket, disingkat dengan ZIS. Apa perbedaan zakat, infaq dan sedekah? Berikut ini penjelasannya.

Zakat

Sebagaimana dijelaskan dalam artikel Pengertian Zakat, zakat berasal dari kata zakaayazuukuzakatan (زكى-يكوز-زكاة) yang artinya adalah murni (نقاء), bertambah (زيادة), dan suci (التطهير). Zakat memurnikan harta, mensucikan hati orang yang mengeluarkannya dan menambah keberkahan hartanya.

Secara istilah, zakat adalah mengeluarkan bagian wajib dari harta tertentu kepada orang yang berhak menerima zakat pada waktu tertentu.

Zakat hukumnya wajib. Merupakan rukun Islam yang jika ditinggalkan menjadi dosa besar. Bahkan orang yang meninggalkan zakat dengan mengingkari kewajibannya, ia bisa murtad dari agama Islam. Karenanya, Abu Bakar Ash Shiddiq memerangi orang yang menolak membayar zakat.

Infaq

Infaq berasal dari kata anfaqayunfiqu (أنفق – ينفق) yang artinya mengeluarkan atau membelanjakan harta.

Secara istilah, infaq adalah segala bentuk pengeluaran, membelanjakan harta atau membiayai suatu hal yang berhubungan dengan syariat Allah. Baik bentuknya zakat maupun non zakat. Oleh karena itu, zakat termasuk infaq tetapi infaq belum tentu zakat.

Infaq dalam pengertian luas hukumnya adalah sunnah. Misalnya infaq kemanusiaan, infaq untuk korban banjir, infaq untuk Palestina, dan lain-lain. Di Laz Ummul Quro, tersedia banyak pilihan infaq. Misalnya Infaq untuk Yatim, Infaq Jumat Berkah, dan lain-lain.

Baca juga: Kisah Keajaiban Sedekah

Sedekah

Sedekah (shodaqoh) berasal dari kata shadaqa (صدق) yang artinya benar. Orang yang gemar bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya.

Secara istilah, sedekah adalah pemberian kepada orang lain secara suka rela dan hukumnya sunnah. Sedekah tidak hanya berupa harta tetapi juga bisa berbentuk lainnya. Misalnya sedekah tenaga, sedekah pikiran dan sedekah lisan. Bahkan menurut hadits shahih, tersenyum di depan sesama muslim adalah sedekah. Demikian pula seluruh kebaikan adalah sedekah.

Baca juga: Keutamaan Sedekah

Persamaaan Zakat, Infaq dan Sedekah

Di antara persamaan zakat, infaq dan sedekah adalah sebagai berikut:

  • Ketiganya merupakan pemberian kepada orang lain
  • Ketiganya merupakan ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah
  • Ketiganya sama-sama mendatangkan pahala

Perbedaan Zakat, Infaq dan Sedekah

Di antara perbedaan zakat, infaq dan sedekah adalah sebagai berikut:

  • Zakat hukumnya wajib, sedangkan infaq dan sedekah hukumnya sunnah
  • Zakat hanya sah jika diberikan kepada yang berhak menerima zakat (mustahik), sedangkan infaq dan sedekah bisa diberikan kepada siapa saja
  • Besaran zakat harus sesuai dengan ketentuan, sedangkan infaq dan sedekah besarannya bebas
  • Zakat dan infaq berupa harta atau materi, sedangkan sedekah bisa berbentuk selain harta (misalnya perbuatan)
  • Zakat merupakan rukun Islam sedangkan infaq dan sedekah bukan termasuk rukun Islam

Demikian persamaan serta perbedaan zakat, infaq dan sedekah. Semoga kita lebih memahami dan semakin termotivasi untuk menunaikan zakat dan memperbanyak sedekah dan infaq. [LAZ Ummul Quro]

Pin It on Pinterest

Share This